mencari artikel

Memuat...

Senin, 30 Agustus 2010

Manisan Pare

                                     Manisan Pare



 

Nama Produk   : Manisan Pare
Komposisi        : Pare, Gula Pasir
Harga                : Rp.20.000,- / Kotak Cantik 200 gram





Produk Toeniel dapat diperoleh di counter  : 
 - Jalan Tanjung Karang 80 Perak Surabaya 
- Dupak Grosir Surabaya Lt Dasar Stan No. 1-2, Jl. Gundih Surabaya (500 Meter dari Pusat Grosir Surabaya (PGS) / Pasar Turi )
- Jalan Akim Kayat 17 Gresik telp.031 3972431
- Jalan Deltasari Indah Blok AY No. 41, Waru Sidoarjo 
atau hubungi kami di (031) 3522842 / 3573521/70906565 , 08123007801   

Assalamualaikum WW, 
Hai kawan jumpa lagi dengan saya si pembagi ilmu walau hanya sedikit yang saya ketahui, tetapi yang penting khan insyaallah bisa bermanfaat bagi orang lain.

Kawan hari ini saya akan membagi resep SanRe alias Manisan Pare yaitu salah satu produk manisan saya yang terbaru.

Pare yang tadinya berasa pahit amat sangat he..he.... sekarang sudah saya sulap menjadi manisan yang legit tetapi dengan tidak meninggalkan rasa pahitnya yang khas walau tinggal sedikit, sebab kalau cuma manis saja nanti dibilang pare sintetis lagi. Pokoknya sekali mencoba manisan pare buatan saya pasti ketagihan deh he..he.. sekalian promosi.

Baiklah sebelum saya bagi-bagi resep pembuatan manisan pare, seperti biasa saya akan menulis sedikit tentang tanaman pare beserta manfaatnya, yah agar paling tidak teman-teman dapat mengetahui tanaman pare walau cuma sedikit.
Oke, yook kita mulai


Mengenal Tanaman Pare
----------------------------- 
Pare atau biasa juga disebut Paria mempunyai nama latin Momordica charantia ,  yang termasuk dalam famili Cucurbitaceae memang bukan sayuran favorit karena rasanya pahit. Namun tanaman merambat ini sudah sejak lama dipakai oleh nenek moyang kita dan juga di Cina sebagai obat. Mulai sebagai obat cacing, anti radang, penambah nafsu makan, menurunkan panas sampai pada mengatasi Kencing Manis . Orang tua saya bahkan memakan mentah sayur pare sebagai lalapan sehari-hari dengan keyakinan bahwa pare dapat membuat matanya menjadi terang dan alhamdulillah memang orang tua saya walaupun sudah berumur 75 tahun penglihatannya masih bagus, jarang memakai kacamata kecuali hanya untuk membaca koran yang memang hurufnya kecil-kecil.

Menurut buku-buku kesehatan yang saya baca antara lain "Memanfaatkan Tanaman Sayur untuk mengatasi Aneka Penyakit" karangan Ir.W.P.Winarto & Tim Lentera ; "Apotik Hijau" karangan Tinospora Tuberculata Baumee.101 ; Majalah Intisari "Menu Sehat" No,02/Th.1/Oktober 2004 serta browsing di internet, ternyata buah pare mengandung karantin, hidroksitriptamine serta vitamin A,B dan C. Kandungan ini menimbulkan efek farmakologis berupa rasa pahit dan dingin.

Manfaat Pare
--------------- 
Penggunaan pare menurut para ahli berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit, antara lain : demam, stroke, haus karena panas dalam, diabetes, disentri, cacingan pada anak, rambut rontok, bisul, abses, malaria, sakit lever, sembelit, kencing nanah, batuk rejan, melancarkan ASI, sariawan, wasir,  Impotensi dan eksim basah. Wauuwww banyak sekali khasiatnya ya kawan.

Para peneliti di negara maju pernah melakukan percobaan penggunaan pare kepada hewan, ternyata hewan percobaan yang sudah diberi pare ketika diberi yang manis-manis, ususnya tidak mau menyerap si manis. Selain itu juga ditemukan kandungan sulfonylurea yang biasa ada pada obat Diabetes Mellitus. Menurut buku-buku kesehatan yang saya baca senyawa ini mampu mampu menstimulasi sel beta pankreas untuk memproduksi lebih banyak lagi insulin sehingga kadar gula dalam darah turun secara signifikan.

Selain menguji pare sebagai obat antidiabetes, para peneliti di University of New York, pada tahun 1970 sampai tahun 1990-an menemukan senyawa sejenis protein alpha momocharin  atau protein MAP 30. Zat ini dapat menghambat pembiakan HIV penyebab AIDS, penyakit yang amat mematikan saat ini . Namun kalau anda mengharapkan kedatangan si kecil, sedang hamil, atau  kadar gula darah cenderung rendah sebaiknya jangan makan buah ini. (dikutip dari Majalah Intisari "Menu Sehat" No,02/Th.1/Oktober 2004, Pare meredan si Manis, h.66-67)

Jika anda menderita Diabetes Mellitus ada ramuan untuk mengatasinya dari Ir.W.P.Winarto & Tim Lentera yang ditulis dalam bukunya "Memanfaatkan Tanaman Sayur untuk mengatasi Aneka Penyakit" yaitu : 200 gram buah pare, dicuci bersih, diiris-iris tipis, lalu direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas didinginkan serta disaring. Minumlah sekaligus sehari sekali pada pagi hari.

Nah kawan, sudah kenal tentang Buah Pare beserta manfaatnya khan???
Sekarang kita mulai pembuatan manisan pare, yoookkkkk....

Manisan Pare
---------------- 
Bahan   : 
-------------
  1. Pare 1 kg
  2. Gula Pasir 1kg
  3. Air 1 liter
  4. Garam
  5. Kapur sirih 1 sendok teh

Cara Membuatnya :
-------------------------- 
  1. Cuci bersih pare, remas-remas dengan garam agar rasa pahit hilang kemudian cuci bersih sekali lagi
  2. Tusuk-tusuk pare dengan garpu, rendam dengan air kapur sirih selam 3 jam
  3. Cuci bersih sekali lagi pare agar sisa-sisa kapur sirih hilang.
  4. Rebus pare dengan air sampai mendidih dan matang, angkat tiriskan
  5. Rebus gula pasir dengan air 1 liter sampai mendidih, masukkan pare, masak sampai mendidih kembali kemudian diamkan semalam.
  6. Ulangi perebusan manisan pare esok harinya sampai 3 hari
  7. Setelah pare terasa manis dan pahitnya berkurang, angkat, tiriskan
  8. Potong-potong manisan pare, keringkan manisan pare dengan cara di oven atau dijemur di bawah sinar matahari.
  9. Jika sudah kering segera simpan dalam toples atau kantong plastik, tutup rapat.
  10. Manisan pare siap untuk dikonsumsi 

Mudah khan kawan, ayo segera dicoba.

Oh ya, kalau ingin mencoba manisan pare atau ingin mengetahui produk apa saja yang saya buat, silahkan datang ke stand saya di Dupak Grosir Surabaya lantai dasar Stan No.1 dan 2, Jalan Gundih Surabaya,  letaknya 500 meter dari Pusat Grosir Surabaya, Jalan Akim Kayat 17 Gresik, Jalan deltasari Indah Blok AY - 41, Waru Sidoarjo  atau bisa membuka blog saya di www.alicce.blogspot.com atau www.toeniel-manisan.com atau telp ke (031) 3522842, 3573521, 70906565, 08123007801

Wassalamualaikum WW, 

Ny. Hj.Alicce Hanafi

7 komentar:

  1. Kalo manisan Cabe bikinnya gimana Gan??

    BalasHapus
  2. Kalo bikin manisan Cabe caranya gimana gan??

    BalasHapus
  3. nanti saya tulis di resep berikutnya ya, sabar dulu sebab saya agak sibuk jadi belum sempat nulis lagi

    BalasHapus
  4. pengeringan dgn oven bakar ya? brp lama?

    BalasHapus
  5. @ Ini dunia kita kawan : Makasih ya Mbak, ayo kita sama2 membagi ilmu untuk kebaikan dan kemajuan kita bersama

    BalasHapus
  6. @Lani septya : pengeringan bisa dengan oven bakar atau sinar matahari,
    Untuk oven bakar sekitar 1 jam setiap harinya sampai 3 hari berturut2 sedagkan dengan matahari sekitar 3-4 hari

    BalasHapus