mencari artikel

Memuat...

Minggu, 07 Maret 2010

Sirup Belimbing Wuluh


Assalamualaikum WW,

Hai kawan, kita jumpa lagi, moga2 temen-temen tetep seneng mengikuti blog saya.
Hari ini saya sedang produksi manisan belimbing wuluh dan sirupnya. Kalau resep dan cara membuat manisan belimbing wuluh khan sudah saya bagikan ilmunya di postingan saya terdahulu. Hari ini saya akan bagi-bagi ilmu tentang resep dan cara membuat sirup belimbing wuluh yang segar dan sehat karena dibuat tanpa bahan pengawet sama sekali. Sehingga aman diminum siapa saja, selain itu yang paling penting rasanya suueeger bener he..he.. apalagi kalau diminum pas siang hari panas-panas pakai es batu lagi hii...hii..

Oh ya kawan, kemarin saya sempat membaca buku berjudul "Khasiat Herbal berdasarkan Warna, Bentuk, Rasa, Aroma & Sifat" karangan Ir.Syamsul Hidayat & Tim Flora, ternyata belimbing wuluh ini termasuk dalam golongan  tumbuhan berlendir yang memiliki daya ekspektoran yang dapat meluruhkan dahak. Dalam buku ini dikatakan bahwa tanaman belimbing wuluh memiliki berbagai kandungan kimia, antara lain saponin, tanin, glukosid, kalsium oksalat, sulfur, asam format, peroksida  dan kalium sitrat. Dalam farmakologi Cina, tanaman ini dikenal punya banyak khasiat. Diantaranya menghilangkan rasa sakit, memperbanyak pengeluaran empedu, antiradang, dan peluruh kencing. batang belimbing wuluh mengandung saponin, tanin, glucoside, kalsium oksalat, sulfur, asam format. Sedangkan daunnya mengandung tanin, sulfur, asam format dan perokside.

He..he... bingung ya dengan istilah-istilah kandungan kimia tersebut, saya juga koq, tapi nggak apa-apa, yang penting sedikit-sedikit kita mulai tahu, biar nanti kalau anak kita nanya kita bisa menjawab ha..ha... (kelihatan pinter dikitlah).

Sebelum saya beritahu resep dan cara membuat sirup belimbing wuluh, saya bagi-bagi ilmu sedikit tentang resep peluruh dahak dari belimbing wuluh yang saya baca dari bukunya Pak Syamsul tersebut diatas, siapa tahu nanti berguna bagi saya dan kawan-kan semua. Oke kita mulai ya....

Resep Peluruh Dahak :
Ambil segenggam daun, segenggam bunga, 2 buah belimbing wuluh. Semuanya dicuci bersih, direbus dengan 2 gelas air bersama gula batu secukupnya, hingga tersisa 1 gelas. setelah dingin disaring, lalu diminum sehari 2 kali.

Gampang ya cara membuatnya,  dan sepertinya mirip dengan proses pembuatan sirup belimbing saya he..he...   , ayo sekarang kita mulai membuat sirup belimbing wuluh, siiaappp ????

Sirup Belimbing Wuluh

Bahan :
1. Belimbing wuluh 1 kg
2. Gula Pasir 1 kg
3. Kapur Sirih 1 sendok teh
4. Air bersih untuk merendam secukupnya
5. 1 liter air bersih untuk merebus.
6. Garam 1 sendok makan

Cara membuatnya
  1. Cuci bersih belimbing wuluh, buang ujungnya yang berhubungan dengan tangkai/gagang . Kemudian tusuk-tusuk dengan garpu sampai memar lalu rendam denganlarutan air garam lebih kurang 1 jam. Setelah itu cuci bersih belimbing wuluh sampai garam hilang dan rendam belimbing wuluh kedalam larutan air kapur selama 12 jam.
  2. Cuci bersih belimbing wuluh sampai bekas air kapur hilang.
  3. Rebus Gula sampai mendidih lalu masukkan belimbing wuluh, masak sampai belimbing lunak
  4. Angkat dan tiriskan belimbing wuluh
  5. Saring sisa rebusan air gula belimbing wuluh dengan kain saringan agar sirup menjadi bersih dan jernih.
  6. Panaskan sisa air gula sampai agak mengental, angkat lalu dinginkan.
  7. Jika sudah dingin, masukkan sirup dalam botol dan tutup rapat
  8. Sirup belimbing wuluh siap untuk dihidangkan, lebih segar kalau diminum dengan campuran es batu tetapi enak juga lho jika diminum dengan air hangat.
  9. Buah belimbing wuluh bisa kita jadikan manisan dengan cara ditambah gula, sedangkan caranya lihat postingan saya terdahulu ya.
Bagaimana kawan, gampang khan?  Ayoo cepetan dicoba dan sajikan kepada keluarga dan teman-teman anda semua, pasti mereka lebih senang disuguhi minuman made in anda sendiri daripada beli, iyaa khan

Segini dulu ya kawan bagi-bagi ilmu dari saya, jangan lupa sering-sering buka blog saya ini, karena pasti ada banyak ilmu lagi yang akan saya bagikan.

Oh ya, kalau kebetulan kawan tinggal di Surabaya atau kebetulan sedang ada keperluan di Surabaya, main-main ya ke counter saya di Jembatan Merah Plaza II (JMP II) Lantai I Blok Selasar (Toko Toeniel), di depan pintu masuk dan disebelah Information (Bawah Eskalator). Promosi sekalian hee..he..he.. Di Counter saya ini, kawan-kawan dapat melihat dan membeli aneka produksi saya.

Wassalamualaikum WW,

Ny. Hj. Alicce Hanafi

12 komentar:

  1. saya akan coba resep sirupnya , sepertinya mudah membuatnya, terimakasih atas infonya

    BalasHapus
  2. terimakasih telah memberi komentar pada postingan saya ini, silahkan mencoba, mudah koq dan insyaallah enak dan seger sirupnya, ikuti terus blog saya ya, banyak ilmu-ilmu lain yang pasti akan saya bagi untuk anda.

    BalasHapus
  3. jangan lupa ikuti terus blog saya ya, akan banyak ilmu yang saya bagikan

    BalasHapus
  4. bu, apa dulanya cukup i kg?
    apa tidak terlalu asam nanti rasanya?
    trimakasih atas penjelasan Ibu

    BalasHapus
  5. maksud saya apa gulanya cukup 1 kg?

    BalasHapus
  6. mbak siqis, gulanya cukup koq karena airnya khan cuma sedikit tapi kalau senang manis atau ingin disimpan lebih lama bisa tambahkan gula lagi 1/2 kg

    BalasHapus
  7. terimah kasih bu Hajjah semoga rejekinya tambah banyak..................

    BalasHapus
  8. Mas Taufik : Sama-sama Mas, terimakasih, ayo segera di coba

    BalasHapus
  9. terimakasih informasinya mba..karena d rumah bnyk belimbing wuluh sayang jika tidak dipergunakan..:D

    BalasHapus
  10. bu untuk buahnya kan bs dijadikan manisan lagi..trus brp bnyak gula dan air yang harus ditambahkan bu..soalnya airnya kan udah kita jadiin sirup
    tolong dibalas y buk..makasih

    BalasHapus
  11. wah share yg bermanfaat bu hj, trmksh info'y.... smg jd amal ibadah

    BalasHapus
  12. kalau tidak diberi kapur sirih bisa gak bu? apa gunanya kapur sirih ?

    BalasHapus